ilustrasi hati

Gejala Dan Cara Menjaga Kesehatan Dada

Setiap organ didalam tubuh mempunyai fungsi dan peranan berbeda-beda, jantung jadi salah satu organ vital yang sangat penting. Berbekal jantung sehat kita dapat melakukan berbagai aktivitas secara mudah, namun menjaga kesehatan dada terlebih jantung tidaklah mudah. Fungsi jantung sendiri adalah mengalirkan darah keseluruh tubuh dan membawa makanan bagi sel-sel organ tubuh, dengan proses yang terus menerus. Bila jantung mengalami gangguan dan proses aliran darah tidak berjalan sempurna, akan berakibat fatal bagi organ lainnya. Lantas bagaimana caranya menjaga jantung tetap sehat?

Gejala penyakit jantung

Didunia penyakit jantung menjadi penyakit nomor 1 yang paling berbahaya dan beresiko kematian. Kemungkinan besar seseorang mengalami serangan jantung karena terjadi iskemia miokard atau kurangnya oksigen pada otot jantung. Hal ini ditandai dengan adanya nyeri pada dada atau ulu hati dan bukan disebabkan arena trauma. Serangan jantung ini dapat menyerang siapa saja dan dimana saja, tetapi yang lebih berpotensi ialah laki-laki usia diatas 35 tahun atau perempuan usia diatas 40 tahun. Adapun gejala utama terjadinya serangan jantung ini adalah sebagai berikut.

  • Nyeri terus menerus dibagian dada
  • Nyeri pada lengan dan rahang
  • Nyeri timbul secara mendadak dan sangat sakit, sehingga membuat kinerja jantung tidak efisien diakibatkan karena pasokan darah ke otot jantung berkurang.

Kondisi tadi sangatlah berbahaya mengingat kondisi kesehatan dada tetap dapat bekerja tanpa pasokan seperti ini hanya dapat bertahan sekitar 20 menit. Lebih dari itu maka nyawa akan jadi taruhannya. Dalam dunia medis, jenis-jenis penyakit jantung ada bermacam-macam seperti berikut.

  • Jantung koroner : penyakit jantung yang disebabkan karena ada sumbatan aliran darah pada pembuluh darah utama. Biasanya penyakit ini disebabkan karena pecandu rokok, obesitas, stres, diabetes, hipertensi, pola hidup tidak sehat, kurang olahraga dan kadar kolesterol tinggi.
  • Gagal jantung : penyakit ini disebabkan karena kondisi jantung yang tidak dapat memompa darah secara benar dan fungsi jantung terganggu. Adapun penyebab utama gagal jantung selain cacat sejak lahir adalah terjadi kerusakan katup jantung, hipertensi, anemia, radang jantung, diabetes dan jantung koroner.
  • Jantung bocor : suatu penyakit dimana jantung tidak berkembang secara normal sehingga terdapat gangguan yang menghambat kerja jantung. Biasanya penyakit ini terjadi sejak bayi lahir, dimana diatara sekat empat ruang jantung terdapat lubang yang membuat oksigen bercampur dengan darah. Sehingga mengakibatkan kurangnya pasokan oksigen.

Selain tiga jenis penyakit jantung tadi masih ada beberapa jenis penyakit jantung lainnya seperti jantung rematik, aritma jantung, penyakit jantung bawaan, jantung bengkak dan beberapa jenis lainnya. Karena memiliki penyebab yang berbeda-beda, mencari obat untuk kesehatan dada tidak bisa sembarangan dan harus menggunakan resep dokter.

rajin olah raga
Jogging agar tubuh selalu sehat, segar, dan fit setiap hari.

Cara mencegah penyakit jantung

Menjadi penyakit yang banyak ditakuti, jelas kita ingin menghindarinya bukan? Ada beberapa cara mencegah penyakit jantung yang dapat Anda lakukan.

  1. Menerapkan pola hidup sehat seperti rajin berolahraga, menghindari makanan yang mengandung lemak tidak sehat, berkolestrol dan juga mengurangi konsumsi gula.
  2. Rajin berolahraga paling tidak berjalan selama 30 menit setiap harinya maupun olahraga ringan lainnya seperti senam, yoga atau jogging. Olahraga yang rutin dapat melancarkan peredaran darah serta menguatkan otot jantung.
  3. Berhenti merokok dan meminum alkohol, karena keduanya memiliki kandungan yang berbahaya bagi tubuh.
  4. Menghindari stres dan mengontrol tekanan darah, banyak orang yang merasa stres yang mengakibatkan tekanan darahnya meninggi. Selain beresiko hipertensi juga beresiko serangan jantung.
  5. Menjaga stabilnya berat badan agar terhindar dari obesitas yang beresiko diabetes. Seperti yang sempat kita singgung tadi, penyebab jantung bisa karena diabetes. Dan penyumbatan lemak disaluran jantung sehingga beresio terkena jantung koroner.
  6. Rajin mengkonsumsi madu murni, karena madu murni ini dapat menguatkan otot jantung. Dengan begitu kinerja jantung akan lebih optimal dan kuat.

Penyembuhan sakit jantung secara alami

Bila Anda sudah terindikasi penyakit jantung, selain menggunakan cara-cara menjaga kesehatan dada tadi. Dapat ditambah menggunakan beberapa cara penyembuhan sakit jantung secara alami berikut ini.

  • Jus mengkudu

Buah yang pahit dan sering diabaikan ini ternyata memiliki khasiat luar biasa untuk penyembuhan berbagai macam penyakit, diantaranya penyakit jantung. Didalam mengkudu tidak terdapat kandungan gula, sehingga aman serta sangat manjur mengatasi penyakit jantung.

  • Alpukat

Ternyata buah berwarna hijau yang sedap ini dapat pula dipergunakan untuk mengatasi jantung. Pasalnya buah alpukat akan mempercepat penyerapan karotenoid khususnya betakaroten dan likopen. Kedua zat ini sangat baik untuk kesehatan jantung dan sangat membantu menurunkan kadar kolesterol buruk. Alpukat memang mengandung lemak tetapi berupa lemak baik bukan lemak jahat. Disamping itu alpukat akan terus bekerja menaikkan kadar HDL yang ada didalam tubuh.

  • Ubi jalar

Pengobatan jantung secara alami juga dapat menggunakan ubi jalar, sebab kandungan didalam ubi jalar sangat membantu untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Sistem peredaran darah juga semakin lancar berkat adanya zat fotinutrien. Zat fitonutrien juga akan membantu menekan kadar gula dalam darah. Sangat efektif dipergunakan untuk menekan diabetes, jantung sekaligus perbaikan sel-sel tubuh yang rusak.

Setelah membaca ulasan mengenai kesehatan dada tersebut, dapat kita tarik benang merahnya. Bahwa penyakit jantung sering ditandai dengan gejala umum nyeri pada dada atau ulu hati. Penyakit pembunuh nomor 1 ini memiliki berbagai macam jenis dengan penyebab serta gejala yang berbeda. Oleh sebab itu penting untuk menjaga kesehatan jantung sekaligus mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang baik bagi jantung.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *