Cara Mudah Merawat Kesehatan Mata Secara Alami

Mata adalah bagian penting dalam tubuh kita yang dipergunakan sebagai jendela dunia. Bila mata kita sehat maka kita dapat melihat apapun tanpa ada kendala. Contohnya saja bila mata kita minus, tanpa alat bantu kacamata pasti penglihatan akan buram dan tidak jelas. Selain mata minus, ada banyak lagi masalah gangguan organ mata lainnya seperti katarak, mata plus, silinder, sindrom mata kering dan beberapa jenis gangguan lainnya. Oleh sebab itu, sebelum mengalami berbagai gangguan menjaga kesehatan mata sangat penting dilakukan. Terlebih lagi kesehatan mata itu mahal harganya.

Cara menjaga kesehatan mata

1. Pemeriksaan rutin
Kesadaran untuk melakukan pemeriksaan mata secara rutin memang masih sangat kurang, padahal ini penting dilakukan. Memeriksa mata dapat dilakukan ke ahlinya yakni optometry, tetapi bila terlihat ada masalah yang serius, harus segera dibawa ke dokter mata. Pemeriksaan rutin ini sebaiknya dilakukan paling tidak setahun sekali. Dan bagi anak-anak sebelum masuk ke jenjang sekolah alangkah baiknya dibawa untuk periksa kesehatan organ mata mereka, demi kelancaran disekolah nantinya.
2. Menjaga berat badan
Menjaga berat badan ternyata juga jadi cara mudah menjaga kesehatan mata. Pasalnya bila kita memiliki kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan resiko diabetes. Dan diabetes sendiri dapat mengakibatkan penglihatan kabur hingga tidak melihat. Selain itu diabetes juga beresiko mengakibatkan katarak, biasanya mengalami katarak kortikal atau katarak posterior subkapsular.
3. Menggunakan kacamata hitam
Menggunakan kacamata hitam bukan hanya sekedar untuk bergaya saja, tetapi juga memiliki manfaat lain yakni mengurangi silau dan melindungi mata dari sinar UV. Terlalu sering atau terlalu banyak terpapar sinar ultraviolet matahari dapat membuat mata beresiko katarak dan degenerasi makula. Sebaiknya Anda memilih kacamata yang menghalangi 99% hingga 100% dari sinar UVA dan UVB. Lensa sampul akan melindungi mata dari samping sedangkan lensa terpolarisasi akan mengurangi silau saat berkendara. Lensa berbahan polikarbonat dapat jadi pilihan tepat karena 10 kali lebih kuat dibandingkan plastik lainnya.
4. Sterilisasi
Mata juga bisa terinfeksi bila kita tidak menjaga kebersihan mata secara baik, terlebih lagi bagi Anda yang suka menggunakan softlens. Lensa kontak atau softlens memang lebih praktis bila dibandingkan kacamata, akan tetapi sangat wajib menjaga kebersihannya. Untuk menjaga kesehatan mata sebelum menggunakan atau saat akan melepas softlens, pastikan tangan dalam keadaan bersih, steril dan kering. Jangan lupa untuk selalu mengganti air rendaman softlens agar softlens benar-benar bersih dan steril. Bila keadaan kotor, sangat berpotensi mata terinfeksi.
5. Merilekskan mata
Apakah Anda termasuk orang yang setiap harinya banyak menghabiskan waktu didepan komputer? atau terlalu fokus pada satu hal yang membuat mata lupa berkedip. Kebiasaan ini akan membuat mata cepat lelah hingga terlalu tegang sehingga mengakibatkan gangguan mata. Cobalah untuk merilekskan mata sejenak dengan aturan 20-20-20. Maknanya setiap 20 menit, berpaling sekitar 20 kaki dari laptop atau hal fokus yang sedang dikerjakan, selama kurang lebih 20 detik.
Manfaatkan waktu beberapa detik ini untuk sekedar meregangkan otot serta melihat warna-warna pereda mata tegang. Adapun warna-warna pereda mata tegang ini seperti warna merah, hijau, biru, coklat, putih atau hitam. Bila Anda mempunyai waktu lebih lama, dapat melakukan kompres pada mata menggunakan irisan tomat atau kompres air hangat.
6. Hindari rokok dan minuman beralkohol
Merokok membuat Anda lebih mungkin terkena katarak, kerusakan saraf mata dan degenerasi makula. Hal ini dikarenakan rokok dapat meningkatkan resiko gangguan-gangguan tadi dibandingkan orang yang non-perokok. Penggunaan alkohol secara berlebihan dalam jangka pendek dapat mengakibatkan hilangnya penglihatan secara permanen. Sebab efek langsung dari alkohol akan menyerang saraf optik, melambatnya informasi dari mata ke otak hingga seluruh tubuh dan banyak bahaya lainnya.
7. Istirahat yang cukup

Seperti anggota tubuh lainnya, mata membutuhkan tidur paling tidak 5 jam per malam. Bila kita kurang tidur, akan membuat kantong mata atau mata panda, kejang mata hingga gangguan pembuluh darah diarea mata.

Tips menjaga mata

Berbekal cara-cara tadi, kesehatan mata akan terus terjaga. Namun sayangnya masih banyak kebiasaan buruk yang sering dilakukan, dimana kebiasaan ini membuat mata menjadi rusak. Kebiasaan buruk tersebut terkadang sangat nyaman dilakukan, tetapi mata tidak merasakan nyaman. Ikuti saja beberapa tips menjaga kesehatan mata berikut ini.

  • Mengatur jarak

Ketika Anda bekerja didepan laptop, membaca, menonton TV atau fokus pada suatu hal akan lebih baik memperhatikan dengan jarak pandang pas. Terlalu dekat akan membuat mata sakit, kering dan kurang berkedip, sedangkan terlalu jauh membuat mata bekerja terlalu keras. Menurut beberapa ahli patokan jaraknya sekitar 50 – 70 cm, adapula beberapa ahli yang menggunakan rumus dua kali diagonal layar dengan bilangan dua. Selain mengatur jaraknya, posisi mata juga harus diperhatikan yakni lebih tinggi 10 – 23 cm dibandingkan layar komputer bukan berada ditengah monitor. Meskipun sedikit melihat kebawah tetapi posisi ini lebih baik dibandingkan posisi mata ditengah layar monitor. Hal ini juga berlaku ketika membaca, bukan untuk didepan monitor saja.

  • Mengatur pencahayaan

Pencahayaan monitor harus diperhatikan agar mata lebih nyaman tidak terlalu redup atau terlalu terang. Terlalu terang membuat mata silau dan mengganggu kenyamanan mata, sedangkan terlalu redup membuat mata bekerja lebih keras untuk dapat melihat jelas. Selain pencahayaan monitor, pencahayaan sinar matahari perlu diatur juga agar tidak membuat mata silau.

  • Menghindari mata kering

Dalam sebuah penelitian kesehatan mata di AS ada fakta yang terkuak yakni pengguna komputer lebih jarang mengedipkan mata dibandingkan orang normal. Dalam keadaan normal, mata akan berkedip 12 kali per menit. Meskipun terlihat sederhana mengedipkan mata sangat penting untuk mengurangi resiko mata kering. Namun bila mata sudah terlanjur kering disarankan untuk menggunakan obat tetes mata, menghindari lensa kotak dan mengurangi aliran AC.

  • Makanan untuk kesehatan mata

Selain menjaga melalui berbagai hal yang sering menjadi kebiasaan sehari-hari, haruslah diimbangi dengan mengkonsumsi makanan untuk mata. Mata sangat memerlukan vitamin A agar selalu terjaga kesehatannya, akan lebih baik bila kita mengkonsumsi makanan bervitamin A. Seperti ikan salmon, tuna, brokoli, bayam, tomat, telur, bawang putih, alpukat dan wortel. Bagi Anda yang sudah terkena diabetes, akan lebih baik bila melakukan diet gula dan memperhatikan pola makanan untuk menjaga kesehatan mata.
Dari ulasan diatas dapat disimpulkan bahwa kesehatan mata sangat penting diperhatikan agar terhindar dari berbagai gangguan mata. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan seperti pemeriksaan rutin, me-rileks-kan mata, berhenti merokok dan minum alkohol, dan beberapa cara lainnya. Meskipun telah menerapan cara-cara tadi, banyak masyarakat yang sering melakukan kebiasaan buruk. Dimana kebiasaan buruk ini ternyata dapat merusak mata bila dilakukan secara terus menerus. Jangan lupa untuk rutin mengkonsumsi makanan yang baik untuk mata.

Diskripsi : kesehatan mata sangat penting diperhatikan agar kita terhindar dari gangguan atau kerusakan mata baik ringan ataupun fatal.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *